Dusun Prawira, Destinasi Edutourism di Kabupaten Lombok Utara

Hari ini adalah hari dimana membaca dan berwisata menjadi satu atraksi yang sungguh menarik dan mencerahkan.

Mengunjungi dan berwisata di Kabupaten Lombok Utara (KLU) sekarang tidak selalu identik dengan 3 Gili ataupun Senaru dengan air terjun Sendang Gile nya, tetapi juga ada satu dusun disana , Dusun Prawira namanya yang memberikan suguhan atraksi baru bagi para wisatawan.

Di dusun ini wisatawan dapat menikmati suasana kampung asli KLU, dimana di dalamnya ada berugak – berugak kuno yang berumur sudah ratusan tahun , masjid dengan tiang-tiang kunonya, disini juga ada Museum Mini tempat di lestarikannya beberapa benda pusaka yang diyakini bernilai sejarah tinggi.

Masyarakat di dusun ini juga memiliki kepandaian dalam menari dan memainkan alat musik tradisional , sehingga wisatawan yang berkunjung dapat sekaligus belajar tentang tarian dan musik tradisional langsung dari para seniman disana.

Yang tidak kalah menariknya adalah kuliner khasnya , Ibu-Ibu dusun prawira yang tergabung dalam komunitas “Mother Lombok” akan menyuguhkan masakan-masakan tradisional racikan mereka, mulai dari beraneka ragam kue tradisional hingga menu special Dendeng Nangka yang lezatnya tiada dunianya.

Anak-anak muda dusun prawira juga tidak ingin kalah untuk terus berinovasi, salah satunya mereka saat ini sedang membuat Koridor Anggur, ya koridor sepanjang jalan dusun yang dibuat dengan ranting-ranting kayu (tetaring) yang beratapkan buah anggur , berjalan dan sekaligus memetik buah anggur yang menggantung ditetaring itu, berkesan sekali.

Dusun Prawira dan seluruh masyarakat yang tinggal disana bertekad untuk terus melakukan pembenahan didalam menjadikan dusun mereka dusun eduwisata, yang tidak saja membuat nyaman wisatawan tetapi juga berbagi pengetahuan tentang segala keunikan dusun ini.

Maju terus Dusun Prawira, Semoga kelak menjadi dusun eduwisata kebanggaan KLU.

Salam Pesona Desa Wisata, Salam Pesona Indonesia

Taufan Rahmadi
Tim 10 Kemenpar RI

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *