Seminar Ekonomi HMJ IESP UNRAM

Menghadiri kegiatan Seminar Ekonomi dengan tema “Optimalisasi Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Nusa Tenggara Barat” yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Univesitas Mataram (HMJ IESP UNRAM ) yang dilaksanakan pada 5 November 2017 bertempat di Gedung Sangkareang, Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat.

Acara ini diikuti oleh Mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Universitas Mataram, Universitas Islam Negeri Mataram, dan Mahasiswa-mahasiswi dari berbagai universitas yang ada di mataram. Acara didahului dengan Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Ketua Panitia, Ketua Umum HMJ IESP FEB UNRAM, dan sambutan dari Wakil Dekan III FEB UNRAM. Pada acara ini juga menyuguhkan Tarian Tradisional dari Suku Samawa yang ditampilkan oleh Panitia Penyelenggara.

Pada kegiatan ini saya menyampaikan kepada para peserta tentang strategi kreatif dalam mengelola pariwisata di Nusa Tenggara Barat, yakni tentang melayani wisatawan, tentang bagaimana mengolah destinasi, tentang bagaimana melibatkan tokoh dan komunitas untuk pengembangan pariwisata sehingga ujungnya adalah mendapatkan kesan terbaik dari wisatawan yang berkunjung ke sebuah destinasi.

Pariwisata adalah sektor dengan keunggulan utama yakni Link To Any Business, artinya bahwa pariwisata bisa mengakomodir semua sektor usaha untuk tumbuh dan berkembang seiring dengan kemajuan pariwisata itu sendiri. Pariwisata saat ini adalah penyumbang Devisa Terbesar ke 2 di Indonesia dan ditargetkan menjadi penyumbang Devisa Terbesar pada tahun 2019 Mendatang.

Selain itu, saya menyampaikan bahwa setiap orang harus memiliki spirit pariwisata dalam dirinya, sehingga bisa berkontribusi konkrit dalam segala bidang untuk memajukan pariwisata Nusa Tenggara Barat. Pengembangan Pariwisata di NTB bukan hanya menjadi tugas Dinas Pariwisata atau ITDC saja, namun harus dengan sinergi semua pihak, harus didukung oleh kebijakan dan anggaran yang memadai, serta SDM yang berkualitas sehingga Target 4 Juta wisatawan bagi ntb pada tahun 2018 bukan menjadi hal yang mustahil untuk dicapai.

Pada kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemngumuman karya tulis tentang pariwisata yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi unram yang sebelumnya telah melalui tahap seleksi sehingga didapatkan 3 pemenang utama.

Taufan Rahmadi

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *